Belajar Java : Mengaplikasikan Percerminan Terhadap Sumbu X dan Y


Belajar Java  : Mengaplikasikan Percerminan Terhadap Sumbu X dan Y

Pencerminan atau Refleksi

Pembahasan materi pelajaran matematika geometri bidang datar ini akan kita mulai dari pengertian tentang pencerminan atau refleksi itu sendiri. Sebelum membahas lebih lanjut tentang rumus dan contoh soalnya, pengertian dari pencerminan harus dipahami lebih dulu oleh para peserta didik.

Refleksi atau pencerminan bidang datar adalah transformasi atau perpindahan titik yang terdapat pada bidang tersebut dengan sifat seperti bayangan cermin. Refleksi pada titik-titik dalam sebuah bidang tersebut menggunakan sifat yang ada pada cermin datar. Hasil dari pencerminan dipengaruhi oleh jenis sumbu yang menjadi cerminnya.

Ada beberapa jenis pencerminan yang dikenal dalam teori refleksi tersebut dimana nantinya masing-masing akan memiliki rumus tersendiri. Kali ini akan dibahas tentang pencerminan terhadap sumbu x dan sumbu y.

Pencerminan Terhadap Sumbu X

Materi pencerminan terhadap sumbu x dan sumbu y beserta contohnya harus dijelaskan satu persatu agar lebih mudah dipahami. Kita akan mulai dari rumus dan contoh tentang pencerminan terhadap sumbu x. Secara umum rumus dari pencerminan terhadap sumbu x yaitu :

A (x,y) -> P=A’ (x,-y)

Keterangan rumus :

  • A adalah titik A
  • A’ adalah hasil pencerminan dari titik A
  • x adalah titik yang terdapat pada sumbu x
  • y adalah titik yang terdapat pada sumbu y
  • P adalah pencerminan yang dilakukan terhadap sumbu x

Pencerminan Terhadap Sumbu Y

Selain pencerminan terhadap sumbu x dalam materi geometri bidang datar lainnya adalah refleksi terhadap sumbu y. Tidak jauh berbeda dari pencerminan titik terhadap sumbu x, refleksi terhadap sumbu y juga memiliki rumus sendiri. Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, hasil dari pencerminan titik tergantung dari sumbu yang menjadi cerminnya.

Bagaimana rumus pencerminan terhadap sumbu y seperti yang dijelaskan di atas. Berikut ini adalah rumus yang digunakan untuk mengetahui hasil pencerminan terhadap sumbu y.

A (x,y) -> P=A’ (-x,y)

Keterangan rumus :

  • A adalah titik titik A
  • A’ adalah hasil pencerminan dari titik A
  • x adalah titik yang ada pada sumbu x
  • y adalah titik yang ada pada sumbu y
  • P adalah hasil pencerminan yang dilakukan terhadap sumbu y
Sumber : belajarmtk.com

Dengan keterangan diatas kita dapat mempermudah proses analisis sistem dalam aplikasi yang akan kita bangun dan mendapat kesimpulan tentang sistem yang kita akan kembangkan.

Belajar Java  : Mengaplikasikan Percerminan Terhadap Sumbu X dan Y

Dari keterangan diatas kita dapatkan desain user interface dengan input terdiri dari dua input yaitu input x dan y serta output terdiri dari 2 output yaitu output x dan y, kemudian untuk menjalankan proses saya menggunakan combo box.

Belajar Java  : Mengaplikasikan Percerminan Terhadap Sumbu X dan Y

Untuk isi model combo box bisa dilihat  gambar diatas.

Belajar Java  : Mengaplikasikan Percerminan Terhadap Sumbu X dan Y

Dengan id yang saya pakai sesuai dengan gambar diatas. untuk bahan pembelajaran selain saya akan menampilkan code untuk combo yang dibuat dengan menggunakan jframe saya pun akan memberikan contoh code java native sesuai tema kali ini.

Source Code:
Combo Box
Native Java
Hasil:
Belajar Java  : Mengaplikasikan Percerminan Terhadap Sumbu X dan Y

Download:
Pass: karenabelajar.blogspot.com

Sekian yang dapat saya sampaikan terima kasih telah membaca artikel ini bila teman-teman suka dengan konten ini teman-teman bisa mengikuti blog ini dengan mengklik tombol ikuti di bawah dan bila ada saran dan pertanyaan bisa disampaikan di kolom komentar.

Gesa Rizky
Tech Enthusiast & Freelancer yang senantiasa belajar lebih giat lagi karena kemampuan sifatnya berkembang tidak ada seseorang pun yang memilki kemampuan tanpa di iringi dengan belajar

Related Posts

: